Kamis, Juli 03, 2008

Tutorial Photoshop #1 - Efek Foto Kuno

Alhamdulillah, akhirnya sempat juga menulis tutorial photoshop. Untuk tutorial yang pertama ini, aku pengen berbagi dengan kalian cara membuat efek foto terlihat kuno. Disini saya menggunakan Photoshop CS2. Seperti contoh berikut.


Mari kita mulai membuat. Syarat pertama yang tidak boleh kalian lupakan adalah, kalian harus punya foto :D. Baru kemudian kita buka foto yang mau kalian bikin kuno di Photoshop.

File → open (Ctrl+O).

Pilih foto / gambar yang di inginkan, kemudian klik open.



Beri efek BW atau sephia pada foto terlebih dahulu, untuk menguatkan karakter foto pada jaman dahulu. Dan sedikit menegaskan, bahwa jaman dahulu foto masih di cetak dengan 2 warna saja :D.

Untuk memberi efek foto sephia, masuk pada menu Image → Adjustment → Hue/Saturation. Jangan lupa untuk memberi tanda cek pada pilihan colorize, and berikan nilai / settingan sesuai kesukaanmu. Dalam kasus ini, saya memberikan nilai Hue 36, Saturation 19, dan Lightness 0.


Tambahkan layer baru di atas layer background, dari menu Layer → New → Layer (Shft+Ctrl+N), tekan OK. Atau dengan meng-klik icon create a new layer di bawah kanan window layer.


Beri seleksi untuk keseluruhan gambar / foto, tekan Ctrl + A. Berikan stroke untuk gambar / foto sebagai garis tepi sebuah foto.

Edit → stroke, dengan nilai berikut.


Tekan Ctrl + D, untuk menghilangkan seleksi. Lalu.Tekan Ctrl+ E untuk menyatukan (merge) layer stroke dan layer foto background.

Tambahkan efek tekstur kertas foto tua / kuno. Masuk ke Filter → Texture → Grain.


Saya menggunakan pengaturan berikut ini,


Tekan OK. Kurang lebih hasilnya akan seperti ini.


Silahkan berkreasi dengan selera anda sendiri. Jangan takut untuk belajar, jangan malu untuk mencoba.

Selamat mencoba. Semoga membantu... :-)



Thanks n Regards,

~ TYAR™ ~

Tidak ada komentar: