Selasa, September 09, 2008

Tips & Trick Banned IP pada warnet dan Game Center

Assalamu 'alaikum wr. wb...

Bekerja pada ISP (Internet Service Provider) benar-benar menguras tenaga dan pikiran (kalo kata mas X uang juga :P).

Beberapa klien kami (DataUtamaNet Semarang - red) adalah Game Center (malah bisa dibilang mayoritas... :P), sehingga kami sering menemui kasus IP klien kami yang terkena Banned IP. Semacam pemblokiran IP Public Game Center/Warnet oleh Content Provider (a.k.a. pemilik Server Game) dikarenakan ada user dari GC tersebut yang melakukan kecurangan (menggunakan cheat dalam permainan).

Jika IP Public sudah terblokir, maka GC pemilik IP tersebut tidak akan bisa memainkan game dari server yang memblokir. Akhirnya dari pihak GC akan meminta ganti IP Public kepada ISP mereka. Kami sebagai pihak ISP harus menyiapkan IP Public pengganti. Hal ini akan menjadi masalah saat persediaan IP yang terbatas mulai menipis. Banyaknya kasus Banned IP akhir-akhir ini membuat kami harus berpikir keras.

Kami memberikan blok IP kepada klien dengan subnet /30 (baca : Konsep Subnetting dan Perhitungan Subnetting). Jadi ada 4 IP untuk klien tersebut, 1 sebagai Network Address, 1 sebagai Broadcast Address, dan 2 IP yang bisa di gunakan. Dari 2 IP tersebut 1 IP kami jadikan Gateway dan 1 IP terakhir sebagai Host, yang juga dikenal sebagai IP Public klien tersebut.

Pada saat GC/warnet terkena Banned IP, IP yang terblokir adalah IP public/IP host dari blok IP yang dimiliki GC tersebut.

Rekan saya, Clement (TS DataUtamaNet Semarang - red), mencoba untuk menukar IP Gateway dengan IP Host GC yang terkena Banned IP (update - Ide ini dateng dari boss Priyo OM DataUtamaNet Semarang). Alhasil, GC tersebut bisa mengakses lagi server game yang semula telah memblokir IP.

Semoga artikel ini bisa membantu, terutama untuk para Admin ISP. Semoga untuk para Gamers kita juga lebih jujur dalam bermain, tidak hanya merugikan pihak server, ISP, atau musuh bermain, tentunya juga tidak akan memberikan kepuasan saat kemenangan dalam bermain diraih.

Oke, segitu dulu. Bijaklah dalam segala hal....


NB : Thanks buat mas Sandy, yang udah kasih ijin buat posting ide cemerlang ini... :P


Thanks n Regards,

~ TYAR™ ~

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ketoke iki ideku dech .. hahaha .. wah musti bayar rolayti kie ..